Selasa, 11 Juni 2013

PERTEMUAN 2 : APLIKASI WEB

1.            APLIKASI
Istilah aplikasi berasal dari bahasa inggris "application" yang berarti  penerapan, lamaran ataupun penggunaan. Sedangkan secara istilah, pengertian aplikasi adalah suatu program yang siap untuk digunakan yang dibuat untuk melaksanakan suatu fungsi bagi pengguna jasa aplikasi serta penggunaan aplikasi lain yang dapat digunakan oleh suatu sasaran yang akan dituju. Menurut kamus komputer eksekutif, aplikasi mempunyai arti yaitu pemecahan masalah yang menggunakan salah satu tehnik pemrosesan data aplikasi yang biasanya berpacu pada sebuah komputansi yang diinginkan atau diharapkan maupun pemrosesan data yang diharapkan.
2.            Definisi Protocol
Protocol adalah satu set formal konvensi yang memungkinkan komunikasi antara dua unit fungsional berkomunikasi. Protocol adalah bahasa komputer yang digunakan untuk berbicara satu sama lain. Protocol mengatur komunikasi – komunikasi antara satu computer ke computer lain dalam suatu jaringan 
Dalam teknologi informasi, protokol adalah himpunan aturan khusus bahwa titik akhir dalam koneksi telekomunikasi yang digunakan saat mereka berkomunikasi. Protokol menentukan interaksi antara entitas yang berkomunikasi.
Protokol ada pada beberapa tingkatan dalam koneksi telekomunikasi. Misalnya, ada protokol untuk pertukaran data di tingkat perangkat keras dan protokol untuk pertukaran data di tingkat program aplikasi. Dalam model standar yang dikenal sebagai Open System Interconnection (OSI), ada satu atau lebih protokol pada setiap lapisan dalam pertukaran telekomunikasi yang kedua ujung pertukaran harus mengakui dan amati. Protokol sering digambarkan dalam suatu industri atau standar internasional.

3.            HTTP
HTTP ( Hypertext Transfer Protocol ) adalah sebuah protokol untuk meminta dan menjawab antara client dan server. Sebuah client HTTP seperti web browser, biasanya memulai permintaan dengan membuat hubungan TCP/IP ke port tertentu di tempat yang jauh (biasanya port 80). Sebuah server HTTP yang mendengarkan di port tersebut menunggu client mengirim kode permintaan (request) yang akan meminta halaman yang sudah ditentukan, diikuti dengan pesan MIME yang memiliki beberapa informasi kode kepala yang menjelaskan aspek dari permintaan tersebut, diikut dengan badan dari data tertentu.
HTTP berkomunikasi melalui TCP/IP. Klien HTTP terhubung ke server HTTP menggunakan TCP. Setelah membuat sambungan, klien dapat mengirimkan pesan permintaan HTTP ke server. HTTP igunakan untuk mengirimkan permintaan dari klien web (browser) ke web server, dikembalikan ke konten web (halaman web) dari server ke klien.
4.            HTML
HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee Robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa).
è      Kegunaan HTML
·      Mengintegerasikan gambar dengan tulisan.
·      Membuat Pranala.
·      Mengintegerasikan berkas suara dan rekaman gambar hidup.
·      Membuat form interaktif.
5.            INTERNET
Internet atau Interconnection Networking atau International Network adalah jaringan komputer yang menghubungkan berjuta-juta komputer diseluruh dunia sehingga terbentuk ruang maya jaringan komputer. saat ini Internet telah dikenal oleh hampir seluruh masyarakat di dunia. 
                Manfaat dari internet juga sangat besar. contoh kecil kita bisa mencari berbagai materi pembelajaran di internet. kita bisa mengenal banyak teman baru di internet. selain itu kita pun juga bisa menghasilkan rupiah dari internet. Tetapi, selain memiliki manfaat, ternyata internet juga memiliki banyak sekali kerugian. banyak sekali software-software bajakan beredar di internet, kemudian banyak juga video-video porno yang beredar tak terkendali di internet. nah sudah menjadi tugas kita untuk bisa memilih mana yang menjadi kebutuhan kita agar internet bisa menjadi suatu teknolgi yang bermanfaat.
6.            WEB SERVER
Web Server adalah sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien/user  yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML. Web Server yang terkenal diantaranya adalah Apache dan Microsoft Internet Information Service (IIS). Apache merupakan server web antar-platform, sedangkan IIS hanya dapat beroperasi di sistem operasi Windows.
7.            BROWSER TRANSACTION
Browser Transaction  adalah software atau program yang digunakan untuk menjelajah internet dan untuk transaksi bisnis rutin seperti daftar gaji dan inventarisasi.
8.            USER
User atau Pengguna adalah seseorang yang menggunakan atau menjalankan system sesuai kebijakan penggunaan. Kebijakan penggunaan system didapat dari Sistem Administrator sesuai kebutuhan dan fungsi User. User hanya dapat melihat data yang ditampilkan sesuai akun.
9.            GENERATE CONTENT
Generate Content yaitu konten yang dihasilkan dari user atau penggunanya sendiri. Situs-situs yang populer kini pun banyak mengandalkan Generate Content untuk selalu menjadi situs yang up-to-date. Pemilik situs hanya membuat perbaikan atau perubahan yang dianggap perlu saja. Sementara update informasi dan segala interaksi di dalam situs tersebut justru berasal dari partisipasi aktif para penggunanya, sehingga orang selalu dan terus-menerus tertarik untuk mengunjungi situs tersebut.
10.      BLOGS
Blog berasal dari kata Web dan Log (WEBLOG) yang berarti catatan online (yang berada di web). Pengertian yang lebih lengkap, blog adalah situs web yang berisi tulisan, artikel atau informasi bermanfaat yang diupdate (diperbaharui) secara teratur dan dapat diakses secara online baik untuk umum maupun pribadi

Ciri-ciri :
Berikut adalah ciri-ciri blog secara umum
1. Memiliki Nama dan Alamat yang bisa diakses secara online
2. Memiliki tujuan
3. Memiliki isi atau postingan yang berupa artikel, catatan, dan informasi lainnya
4. Postingan atau isi blog terarsip (tersimpan sesuai tanggal, bulan dan tahun posting)
5. Isi Blog umumnya selalu bertambah atau terupdate sesuai dengan tujuan blog
Tujuan Blog Secara Umum, antara lain :
·   Menyampaikan informasi yang bermanfaat untuk diri sendiri maupun bagi orang lain
·   Memberikan keuntungan bagi diri sendiri maupun orang lain
·   Menyalurkan hobby dan mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif
·   Berkarya atau aktualisasi diri
·   Saling bertukar pengetahuan dengan pembaca dan Berbagi pengalaman 
·   berbagi software berguna, seperti foto, film/video, dokumen, dsb
·   banyak lagi, sesuai dengan jenis / topik yang diangkat.
11.      WIKIS
Wikis  adalah  sebuah situs web (atau koleksi dokumen hiperteks lainnya) yang memperbolehkan penggunanya menambah atau mengubah isi situs tersebut. Istilah ini juga dapat merujuk kepada software kolaboratif yang digunakan untuk menciptakan situs web semacam itu.
              CIRI – CIRI WIKIS :
·                  Wikis memungkinkan pengguna untuk mengubah sebuah halaman maupun membuat halaman baru dalam situs web, dengan menggunakan peramban web.
·                  Wikis dapat menunjukkan keterkaitan antara sebuah halaman dengan halaman lainnya, menggunakan pranala dalam halaman.
·                  Wikis mengundang pengunjung untuk ikut terlibat dalam membuat dan berkolaborasi yang membangun situs web tersebut.
12.      SOCIAL NETWORK
Social Networking adalah kegiatan menjalin hubungan dengan orang lain melalui social media sites / situs jejaring sosial yang ada di internet. Bisa diakses di mana saja, kapan saja dan oleh siapa saja. Dan tidak jarang juga, orang-orang yang “maenan” situs semacam ini dibilang melakukan kegiatan yang ngga mutu. Padahal status update pun memiliki potensi dengan dampak yang luas. Sayangnya, terlalu sering sebuah buku dinilai hanya dari sampulnya.
Media yang biasa digunakan untuk social networking yaitu seperti, Facebook, Twitter, Foursquare, MySpace,Yahoo Messenger, dll .
13.      FOLKSONOMIES
Folksonomies adalah sebuah metode untuk menciptakan dan mengatur tag yangmenjelaskan dan mengategorikan content. Tag tersebut umumnya merupakanhyperlink yang akan mengarahkan Anda pada sekumpulan item yangberhubungan dengan tag tersebut. Bentuk tag tidak selalu harus berupa teks,tetapi dapat juga berupa image. Sekumpulan tag yang saling terkait denganpersamaan bentuk sering juga disebut tag cloud, umunya tag cloud memiliki 30hingga 150 tag.
14.      WEB SECURITY

Web Security adalah tata cara mengamankan aplikasi web yg dikelola, biasanya yg bertanggung jawab melakukannya adalah pengelola aplikasi web tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar