Minggu, 23 Oktober 2011

tugas isd ke 2- penduduk, masyarakat,dan kebudayaan

tugas isd kali ini ngebahas tentang penduduk, masyarakat dan kebudayaan. menurut saya, ketiga hal tersebut sangat bekaitan satu sama lain. dimana ada penduduk, disitu pasti ada masyarakat, dan disetiap lingkungan masyarakat pasti ada kebudayaan yang menyertainya. jadi, kita kupas habis aja yaaa

pengertian penduduk
 
penduduk bisa diartiin sekumpulan orang yang mendiami suatu wilayah tertentu, atau orang yang sudah resmi mendiami tempat tertentu. bisa juga sih dikatakan orang yang menempeti eilayah dan geografi tertentu.
salah satu cntoh nyata permasalahan penduduk adalah ledakan penduduk. yaa gausah nyari contoh yg susah, coba aja kita liat kota kita tercinta, Jakarta. banyaknya pemukiman kumuh di bantaran kali ciliwung, maupun di kolong jembatan, apalagi sekarang bertambah di pinggir rel kereta api, haduuuhh. salah satu faktornya adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota, saya lupa istilahnya apa..hehehe. banyak orang desa yang pindah ke jakarta alasannya unuk mengadu nasib. padahal, orang jakarta sendiri susah untu mencari kerja di daerah jakarta. yah pemikiran yang masih sempit yang membuat orang desa berpikiran bahwa jakarta adalah kota metropolitan yang isinya adalah bisnis district, yang memungkinkan penduduk manapun yang menempatinya bisa mendapatkan pekerjaan layak dengan mudah.

pengertian masyarakat
  Masyarakat bisa dibilang adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut. ini sih menurut sumber terpercaya, hehehe. jadi bisa dibilang, masyarakat adalah sekelompok dari penduduk, jadi komunitasnya lebih besar. 
Permasalahan pada masyarakat kita saat ini banyak sekali macamanya disini saya hanya mengambil contoh dari beberapa permasalahan tersebut ...
Sering kali permasalahan tersebut kita rasakan akibat perilaku atau perebutan kepentingan masing-masing individu yang bersangkutan. Kepentingan itu bisa berkenaan dengan harta, kedudukan atau jabatan, kehormatan, dan lain sebagainya.
Misalnya, kesenjangan dalam pengupahan antara pekerja berdasarkan tingkat pendidikan yang di ambilnya karena biaya pendidikan di negara kita ini cukup mahal bagi kalangan masyarakat bawah walaupun sekarang ini sudah ada bantuan dari pemeritah. Ini dipicu tidak lain dari masalah keuangan pada keluarga masing-masing.

pengertian kebudayaan

kebudayaan bisa diartikan suatu kebiasaan yang terjadi di dalam tubuh masyarakat, contohnya pas festival 17 agustus, biasanya masyarakat mengadakan lomba-lomba untuk memeriahkan hari kemerdekaan. banyak sih contoh kebudayaan, tapi biasanya kebudayaan setiap daerah berdeda, tergantung masyarakat yang mendiami tempet tersebut.
permasalahan kebudayaan yang paling mencolok itu adalaaah, diklaimnya kebudayaan kita oleh negara lain. hehehe hot banget deh masalah yang satu itu. tapi gara-gara masalah kebudayaan itulah yang membuat indonesia punya kesenjangan dengan malaysia. tapi untungnya sekarang semua kebudayaan asli indonesia sudah didaftaran ke pbb, sehingga gaada lagi negara yang berhak mengklaim budaya kita.


keterkaitan penduduk,masyarakat, dan kebudayaan 
     Penduduk, masyarakat dan kebudayaan mempunyai hubungan yang erat antara satu sama lainnya. Dimana penduduk adalah sekumpulan manusia yang menempati wilayah geografi dan ruang tertentu.

Sedangkan masyarakat merupakan sekumpulan penduduk yang saling berinteraksi dalam suatu wilayah tertentu dan terikat oleh peraturan – peraturan yang berlaku di dalam wilayah tersebut. Masyarakat tersebutlah yang menciptakan dan melestarikan kebudayaan; baik yang mereka dapat dari nenek moyang mereka ataupun kebudayaan baru yang tumbuh seiring dengan berjalannya waktu. 

Oleh karena itu penduduk, masyarakat dan kebudayaan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan. Kebudayaan sendiri berarti hasil karya manusia untuk melangsungkan ataupun melengkapi kebutuhan hidupnya yang kemudian menjadi sesuatu yang melekat dan menjadi ciri khas dari pada manusia ( masyarakat ) tersebut.
 
sekian tugas isd ke 2, sampai bertemu di tugas selanjutnya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar