Minggu, 30 Oktober 2011

TUGAS KE 3 ILMU SOSIAL DASAR-INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT

inidividu,keluarga, dan masyarakat
written by: camilla insani putri
1IA22
51411579

pengertian individu

sebelum saya masuk ke dalam pengertian individu, saya akan menerangkan bagaimana pengertian manusia itu sendiri. manusia sebagai makhluk sosial tidak dapat hidup sendiri, maka dari itu manusia harus bersosialisasi dengan lingkungan dimana dia berada. tetapi, manusia juga butuh kondisi dimana dia harus mendahului kepentingannya, disitulah manusia berperan sebagai makhluk individu. manusia sebagai individu adalah manusia yg memilik sifat yang lebih spesifik sebagai dirinya sendiri tanpa menghilangkan jiwa sosialnya.

pengertian keluarga

keluarga itu merupakan unit terkecil dari masyarakat yang pastinya setiap hari berinteraksi. keluarga itu bisa terbentuk dari perkawinan ayah dan ibu saya..heheheh...tanpa mereka, mungkin saya dan kaka saya tidak akan ada di dunia. keluarga mungkin adalah harta yang paling berharga yang saya punya. tanpa dukungan mereka, mungkin saya tidak akan menjadi pribadi yang kuat seperti sekarang ini. bisa dibilang keluarga adalah faktor utama pembentuk kpribadian kita. keluarga juga berperan besar dalam pmbentuk pola pikir anak. maka dari itu, saya sangat berterima kasih punya ekeluarga yang selalu care sama saya selama ini.hehehe

pengertian masyarakat

seperti dijelaskan dalam tugas sebelumnya, masyarakat merupakan kumpulan dari beberapa individu yang saling berinteraksi. biasanya dalam masyarakat terdapat beberapa norma atau aturan yang berlaku khusus untuk lingkungan intern masyarakat itu sendiri. dan biasanya dalam masyarakat indonesia, tiap-tiap lingkungan masyarakat pasti punya adat istiadat tersendiri.yah macem-macem sih, tapi biasanya cuma masyarakat dalam lingkungan itu saja yg menjalaninya.

studi kasus dari individu mungkin saat kita sedang ujian. pada saat ujian kita pasti berpikir sendiri dam secara individualis. pasti ada saat egois dimana kita tidak ingin hasil karya kita di jilpak orang lain.
studi kasus dari keluarga bisa kita lihat dari cara kita berinteraksi dengan keluarga kita sendiri. setiap keluarga pasti mempunyai cara tersendiri dalam berinteraksi dengan anggota keluarga lainnya. mungkin salah satu contohnya adalah saat dimana kita susah, disitu keluarga berperan besar dalam memotivasi diri kita agar kita bisa bangkit.
studi kasus dari masyarakat contohnya adalah saat pemilihan ketua RTdi ligkungan rumah. disitulah saatya kita berperan dalam masyarakat dengan menyumbangkan suara kita.

ketiganya sudah asti berhubungan. keluarga terdiri dari beberapa individu, masyarakat sudah pasti terdiri juga dari beberapa individu dan kumpulan keuarga. dan pastinya individu mengisi keluarga dan masyarakat, ketiga hal tersebut sangat berhubugan dan berkaitan satu sama lain.


skan tentang indvidu, keluarga, dan masyarakat dari saya
by: CAMILLA INSANI PUTRI
1ia22
51411579

Tidak ada komentar:

Posting Komentar